Profil Organisasi

Yayasan Mattirotasi` adalah sebuah lembaga profesi yang berdiri sendiri atau sifatnya independent. Yayasan Mattirotasi’ didirikan pada tanggal 2 November 1998, dan secara resmi melakukan aktivitas lapangan setelah dilegalkan dengan Akta Notaris : No. 7/2000 (Lola Rosalina, SH).

Yayasan ini bergerak pada berbagai aspek dan dimensi dalam sektor perikanan dan lingkungan pesisir/pantai dalam bentuk pengembangan dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) perikanan, kajian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), pola kemitraan dengan lembaga atau instansi terkait, dalam dan luar negeri serta advokasi terhadap individu, kelompok dan masyarakat pesisir / perikanan.

Yayasan Mattirotasi’ didirikan orang-orang yang berlatar belakang dan berprofesi perikanan yang kemudian memposisikan dirinya pada sebuah komitmen moral-intelektual dalam rangka memberikan konstribusi yang signifikan terhadap proses kehidupan berbangsa dan bernegara.

Yayasan Mattirotasi` bukanlah merupakan perpanjangan tangan atau perwujudan dari kepentingan politik, ideologi kelompok ataupun individu tertentu.   Yayasan Mattirotasi` bersifat inklusif, menerima seluruh visi dan misi yang bersifat konstruktif dan toleran serta terbuka terhadap proses percepatan dan menyukseskan pembangunan perikanan yang berbudaya industri dan berbasis pedesaan.

Visi dan Misi

Visi Yayasan Mattirotasi mengacu pada visi Pembangunan Perikanan 2020 yakni, perikanan modern yang berbudaya industri dan berbasis pedesaan, dimana ilmu pengetahuan dijadikan sebagai landasan yang substansial dalam pengambilan keputusan dan teknologi dalam pemanfaatan sumberdaya.

Misi Yayasan Mattirotasi dirumuskan sebagai berikut :

  1. Secara aktif mengupayakan langkah-langkah strategis untuk menunjang dan mendorong proses peningkatan sumberdaya manusia yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat pesisir / perikanan.
  2. Berperan sebagai wadah kajian dan pengembangan IPTEK sektor perikanan.
  3. Mengembangkan   dan   memanfaatkan   IPTEK   melalui   penyelenggaraan program-program terpadu sebagai langkah dalam mewujudkan tujuan pembangunan perikanan.
  4. Memupuk dan mengembangkan kemitraan dengan pemerintah, dunia usaha dan  industri,  institusi  pendidikan,  dan  lembaga-lembaga  yang  terkait didalam   maupun   diluar   negeri   untuk   mempercepat   pengembangan perikanan. 
  5. Membina dan mengembangkan kelembagaan masyarakat pesisir agar mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara berdaya dan berhasil guna.
  6. Mewujudkannya sebagai media informasi perikanan.

Struktur Yayasan

Dewan Pendiri / Pembina :

  1. Muhammad Kurnia, 
  2. Muh. Syarif, S.P
  3. Panca Wardana, S.Pi
  4. Muzakkir, S.Pi
  5. Fahrul, S.Pi
  6. Fathuddin, S.Pi
  7. Akhiruddin, S.Pi
  8. Muh. Ruslan, S.Pi
  9. Muh. Rusman, S.Pi

Dewan Pengawas

  1. Ketua  :  Amran Djafar, S.Pi
  2. Anggota  :  Gusman, S.Pi
  3. Anggota  :  Akhiruddin, Pi
  4. Anggota  :  Muhammad Yusuf, Pi.

Dewan Pengurus

  1. Ketua : Muh. Ikhsan Idrus, S.Pi
  2. Sekretaris : Muhammad Ikbal, S.Pi
  3. Bendahara : Pandi A, S,Pi

Bussines Development Service (BDS)

  1. Konsultan : Mursalim, S.Pi
  2. Penanggung Jawab : A. Suryadi, S.Pi

Sumberdaya Manusia

  1. Aquaculture/Budidaya Perairan
  2. Manajemen Perairan/Perikanan
  3. Pemanfaatan SD Perikanan dan Pengolahan Hasil Perikanan
  4. Sosial Ekonomi Perikanan
  5. Diver kualifikasi A1-A2 Fisheries Dving Club (FDC) UNHAS
  6. Konsultan Ahli 
    a.) Manajemen Pesisir (Doktor) 
    b.) Ekotoksikologi dan Fisiologi (Ph.D) 
    c.) Manajemen Perikanan (Doktor)
  7. Voulunteer (Sarjana/Mahasiswa Perikanan)